Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagang yang Tepat

Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagang yang Tepat. Banyak orang menjalankan usaha dagang akan tetapi tidak mengerti berapa modal, berapa keuntungan dan apakah usahanya tersebut sehat atau tidak. Akhirnya banyak usaha dagang hancur di tengah jalan. Jika Anda yang saat ini memiliki usaha dagang tidak ingin hal tersebut terjadi, maka cara mengatur keuangan usaha dagang harus tepat.

Ada beberapa aspek penting yang Anda harus pahami terkait bagaimana cara mengatur keuangan usaha dagang yang tepat dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda. Let’s check these out!

 

Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagang

Pisahkan antara keuangan usaha dan keuangan pribadi

Dalam mengatur keuangan usaha dagang, jangan pernah Anda mencampurkan antara keuangan usaha dan keuangan pribadi Anda. Pemisahan keuangan harus diberlakukan. Hal ini juga menjadi suatu tanda bahwa usaha dijalankan secara professional.

Untuk memudahkan pemisahan antara keuangan usaha dengan keuangan pribadi, Anda bisa membuat sebuah rekening baru di bank khusus.

 

Buatlah rencana penggunaan uang

Agar keuangan usaha dagang bisa dikelola dengan lancar, baiknya Anda membuat rencana penggunaan uang. Rencana ini ada baiknya dibuat sebelum periode akuntansi baru dimulai. Dengan begitu ketika periode akuntansi sedang berjalan, Anda hanya tinggal menjalankan dan melakukan penyesuaiannya saja.

Pastikan juga agar Anda hindari penggunaan keuangan untuk hal yang tidak penting atau belum direncanakan. Selain itu, Anda juga harus melakukan evaluasi setiap akhir periode supaya periode berikutnya keuangan bisa jauh lebih baik.

 

Hindari terlalu banyak utang

Selain membuat rencana uang, Anda juga harus membuat rencana utang. Anda harus memperhatikan jumlah utang usaha dagang Anda.

Baiknya Anda hindari melakukan pinjaman atau utang karena Anda nantinya akan terbebani dengan pembayaran bunga dan angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan. Jika memang ingin berutang, carilah pihak ketiga yang menawarkan suku bunga rendah dan waktu pengembalian yang cukup lama.

Sisihkan kas Anda untuk dana darurat dan kepentingan sosial

Harus ada uang atau kas perusahaan yang dipergunakan untuk kepentingan dana darurat dan dana sosial. Dana darurat perlu digunakan sewaktu – waktu jika terjadi kondisi urgent. Sementara dana sosial dipergunakan untuk disumbangkan dan sebagai bentuk charity usaha Anda.

 

Gunakan laba untuk perkembangan usaha Anda

Pada dasarnya dalam membedakan pengusaha yang sukses dengan yang kurang sukses bisa dilihat dari kemampuan pengusaha tersebut untuk menikmati hasil jerih payahnya. Memang setiap orang berhak untuk menikmati hasil kerja kerasnya.

Akan tetapi ada baiknya jika Anda tidak menghabiskannya begitu saja. Ada baiknya Anda menggunakan keuntungan dari usaha dagang yang Anda jalankan untuk mengembangkan usaha tersebut agar jauh lebih besar.

Anda pun bisa mengarahkan investasi ke bidang yang menguntungkan seperti misalkan menambah armada dagang atau menambah barang dagang yang nantinya bisa dijual kembali. Jika hal ini Anda lakukan maka sangat besar kemungkinan Anda cepat untuk menjadi pengusaha sukses.

Namun meski demikian bukan berarti tidak boleh ada dana yang dinikmati. Anda perlu prive namun nominalnya harus terkendali dan jangan sampai berlebihan.

Itulah beberapa hal yang penting Anda perhatikan berkaitan dengan cara mengatur keuangan usaha dagang yang tepat seperti apa. Dengan cara di atas tentu saja usaha Anda tidak akan mudah gulung tikar dan akan sehat karena semua pendapatan, pengeluaran dan laba terorganisir dengan baik.

 

Info Dana Tunai Bandung Disini Tempatnya